top of page
frame-03.png
Melbourne-Crowd-CBD-3-e1539247172339.jpg

BRIEFING Kota dengan pertumbuhan tercepat di Australia akan mencapai angka 5 juta

Populasi Melbourne, kota dengan pertumbuhan tercepat di Australia, hari ini (Senin, 27 Agustus) akan mencapai tonggak sejarah lima juta, hanya tiga minggu setelah populasi Australia mencapai angka 25 juta.

 

Melbourne tahun lalu menambahkan 125.424 orang yang merupakan peningkatan tahunan terbesar dari kota mana pun dalam sejarah Australia. Ini setara dengan menambahkan satu Darwin baru ke Melbourne setiap tahun.

Melbourne, berdasarkan tingkat pertumbuhan saat ini, akan menambah 132.000 populasinya tahun ini.

 

Ahli demografi McCrindle, yang menganalisis angka-angka Biro Statistik Australia, mengatakan bahwa ini adalah peningkatan yang lebih besar daripada peningkatan populasi dari gabungan 30 kota terbesar di Australia berikutnya.

Satu-satunya kota di Australia yang tumbuh lebih cepat dari Melbourne adalah kota tetangga Geelong, yang tumbuh 2,71% pada tahun lalu.

Geelong bukan satu-satunya kota regional yang dipenuhi oleh pertumbuhan populasi Melbourne yang melimpah. Kota-kota regional lainnya di Victoria juga tumbuh lebih cepat dari rata-rata pertumbuhan regional nasional seperti Ballarat (1,9%), Bendigo (1,6%), dan Albury / Wodonga (1,5%).

Berdasarkan tingkat pertumbuhan penduduk Melbourne saat ini, angka itu akan mencapai angka enam juta pada tahun 2025, tahun yang sama ketika Sydney akan mencapai tonggak tersebut.

Melbourne kemudian akan menyalip Sydney menjadi kota terbesar di Australia pada 2026. Berdasarkan tingkat pertumbuhan saat ini, Melbourne akan mencapai tujuh juta pada 2031 dan delapan juta pada 2037 (dengan Sydney tidak mencapai delapan juta hingga 2040).

Victoria juga merupakan negara bagian dengan pertumbuhan tercepat di Australia. Tahun lalu negara menambahkan 143.400 orang yang lebih besar dari pertumbuhan gabungan NSW, SA, TAS, NT dan ACT.

Sementara Victoria memiliki lebih dari seperempat populasi Australia, saat ini ia menyumbang lebih dari sepertiga (37%) pertumbuhan populasi tahunan Australia.

Victoria juga menyumbang 35% dari Migrasi Luar Negeri Neto Australia dan 29% dari peningkatan alami Australia.

Tidak seperti kebanyakan negara bagian dan teritori lainnya, Victoria memiliki ketiga faktor yang berkontribusi terhadap pertumbuhannya; Migrasi Luar Negeri Neto, Peningkatan Alami dan Migrasi Net Interstate.

Hanya Queensland yang memperoleh lebih banyak orang dari negara bagian selain Victoria.

New South Wales, Australia Selatan dan Australia Barat kehilangan lebih banyak orang daripada yang mereka peroleh dari negara bagian lain.

bottom of page