top of page
frame-03.png

Tips Berhasil Mendapatkan Pinjaman

Hingga saat ini, banyak warga Australia yang masih mengandalkan pinjaman untuk bisa membeli rumah pertama mereka. Namun, proses mendapatkan pinjaman selalu menantang. Karena permintaan yang tinggi, pemberi pinjaman di Australia menjadi lebih selektif dalam memberikan pinjaman dan melakukan proses evaluasi secara menyeluruh untuk setiap aplikasi.

Jika Anda sudah lama bermimpi membeli rumah sendiri atau investasi yang Anda dambakan dan mendapatkan pinjaman adalah sesuatu yang sangat penting untuk keberhasilan transaksi, maka ikuti tips di bawah ini dan mendapatkan pinjaman tidak lagi menjadi angan-angan. .

Mortgage-pict2-768x510.png
  • Berikan bukti bahwa Anda memiliki penghasilan yang stabil. Ini adalah salah satu faktor terpenting dalam mendapatkan pinjaman. Pemberi pinjaman lebih memilih seseorang yang memiliki pendapatan stabil, dan cara untuk membuktikannya adalah dengan memiliki pekerjaan yang stabil atau referensi sewa yang baik. Mendapatkan referensi sewa yang baik berarti Anda harus membayar sewa tepat waktu setiap bulan. Jika Anda berpikir untuk berganti pekerjaan dalam waktu dekat, disarankan agar Anda tetap berada dalam kategori yang mirip dengan pekerjaan Anda sebelumnya atau menunggu sampai pinjaman Anda disetujui sebelum Anda berganti pekerjaan.

  • Pahami status file kredit Anda. Riwayat kredit Anda juga berperan penting untuk mendapatkan kesan positif dari pemberi pinjaman. Tahukah Anda apa status file kredit Anda saat ini? Apakah Anda memiliki beberapa hutang yang belum dibayar? Pemberi pinjaman menggunakan informasi ini untuk memberi Anda skor kredit yang akan menentukan keberhasilan aplikasi kredit Anda.

  • Kurangi jumlah kartu kredit yang Anda miliki. Jika Anda menggunakan lebih dari satu kartu kredit, disarankan untuk membatasi jumlah kartu kredit yang Anda gunakan serta mengurangi total limit yang Anda miliki. Saat menentukan limit kartu kredit, sangat penting untuk diketahui bahwa hal itu mempengaruhi kapasitas pinjaman Anda.

  • Tentukan batas Anda. Pikirkan tentang anggaran yang mampu Anda tangani dan apakah Anda mampu membayar hipotek Anda. Penting untuk berpikir realistis agar Anda dapat mempertahankan posisi keuangan yang sehat dan strategis yang tetap memungkinkan Anda untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Cobalah untuk menghindari situasi di mana uang Anda habis hanya untuk melunasi hipotek Anda. Anda dapat menggunakan alat yang berguna di Internet seperti kalkulator pembayaran hipotek untuk memberi Anda pemahaman yang lebih baik tentang jumlah yang harus Anda bayarkan setiap periode.

  • Pastikan budget Anda sesuai dengan kemampuan Anda. Jika dulu pinjaman Anda pernah ditolak, sekaranglah saatnya untuk meninjau kembali anggaran Anda dan lebih realistis dalam menetapkan anggaran Anda. Anda perlu memiliki catatan positif dalam sejarah kredit Anda untuk bisa mendapatkan pinjaman, karena hal itu menunjukkan kepada pemberi pinjaman bahwa Anda mampu menabung uang secara konsisten.

  • Memanfaatkan layanan broker hipotek.

Terkadang, ada baiknya meminta bantuan profesional untuk membantu Anda dalam proses ini. Itu selalu disarankan untuk mencari broker hipotek yang baik, karena mereka ahli di bidang ini. Mereka memiliki jaringan pemberi pinjaman yang baik dan akan membantu Anda dalam setiap langkah prosesnya.

Proses untuk mendapatkan pinjaman yang disetujui sering kali tampak sangat sulit, terutama jika aplikasi Anda pernah ditolak sebelumnya. Pemberi pinjaman di Australia menjadi lebih selektif kepada orang-orang yang meminta pinjaman dan kebijakan kredit semakin diperketat. Karena itu, penting untuk mengetahui sepenuhnya proses pinjaman dan memastikan bahwa Anda tidak memberikan alasan apa pun kepada pemberi pinjaman untuk menolak aplikasi Anda.

Sumber: realestateview, Commonwealth Australia, ANZ, Canstar, Australian Credit & Finance

bottom of page